Waduk Sermo benar-benar merupakan wisata alam yang sangat alami keindahannya. Keindahan Waduk Sermo dapat Anda nikmati sepanjang 21 kilometer yang berbentuk lingkaran dan beraspal. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan Waduk Sermo Yogyakarta dengan perahu wisata air.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk sekedar menikmati kemolekan alamnya. Anda bisa mengekspresikan diri dengan bersepeda, jogging atau bahkan memancing di Waduk Sermo. Anda juga bisa duduk santai bersama teman-teman atau pun kekasih menikmati pemandangan dari dataran tinggi yang ada disana. Menikmati kesejukan udara perbukitan juga bisa dilakukan dengan duduk santai di gubuk sekitar waduk.
di.post-meta

Waduk Sermo Kulonprogo adalah bendungan irigasi yang membendung kali Ngrancah yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996. Waduk Sermo dibangun dengan biaya Rp22 miliar. Pembangunan Waduk Sermo dilakukan dalam waktu dua tahun delapan bulan. Waduk Sermo adalah sumber air bersih untuk PDAM dan untuk air irigasi persawahan daerah Wates dan sekitarnya. Selain dijadikan sebagai sumber air minum dan irigasi, Waduk Sermo juga menjadi salah satu tempat latihan dan lomba dayung.

Waduk Sermo merupakan salah satu potensi wisata dan edukasi di Kulonprogo, Yogyakarta. Apalagi bukit-bukit yang mengelilingi Waduk Sermo menjadikan pemandangan semakin indah. Tak berbeda jauh dengan Waduk Jatiluhur yang bisa dilihat dari Gunung Lembu. Waduk Sermo juga memiliki fasilitas pemancingan. Beberapa wisatawan sangat gemar di Waduk Sermo karena keberadaan ikan “Setan Merah” yang merupakan ikan predator di Waduk Sermo. Selain itu, wisatawan bisa menyewa perahu wisata untuk berkeliling Waduk Sermo sambil menikmati perbukitan Menoreh.

Salah satu keistimewaan Waduk Sermo bisa dilihat saat senja datang. Tidak sedikit anak muda dan penggemar fotografi yang menunggu sore hari hingga tenggelamnya matahari di Waduk Sermo. Luas Waduk Sermo diperkirakan sekitar 157 hektar. Dulunya wilayah Waduk Sermo merupakan pemukiman warga. Ada sekitar 100 Kepala Keluarga yang ditransmigrasikan ke Bengkulu dan tujuh kepala keluarga ke Riau demi membangun Waduk Sermo. Bendungan dengan Kualitas Air Terbaik di Indonesia

Waduk Sermo diklaim merupakan bendungan terbaik di Indonesia jika diukur dari kualitas air yang dihasilkan sebagai sumber air minum juga sebagai irigasi sawah. Alasannya karena sedementasi Waduk Semo sangat sedikit, terlebih Waduk Sermo dikelilingi oleh hutan yang terawat di dearah Kulonprogo. Waduk Sermo memiliki luas sekitar 21.3 kilometer persegi. Dengan luasnya tersebut, Waduk Sermo dapat menampung 21.9 juta meter kubik. Jauh lebih kecil dibandingkan daya tampung Waduk Jatiluhur yang mencapai 3 miliar kubik.

Namun demikian, keberadaan Waduk Sermo sangat bermanfaat untuk air baku terutam a bagi warga Kulonprogo dan Wates. Waktu terbaik untuk mengunjungi Waduk Sermo adalah pada saat jelang sore hari. Kamu bisa berfoto-foto terlebih dahulu di Wisata Alam Kalibiru pada siang hari kemudian turun ke Waduk Sermo yang jaraknya hanya sekitar 4 kilometer dari Kalibiru.