Daerah Gunung Kidul memang dikenal memiliki pesona wisata yang menawan. Terletak puluhan pantai eksotis bejejer rapi, serta berbagai tempat wisata lain yang tak kalah memikat untuk dikunjungi wisatawan. Puncak Kosakora merupakan salah satu obyek wisata baru yang kini tengah hits dikalangan anak muda. Tak hanya sangat cocok untuk berburu foto selfie, namun juga menawarkan panorama alam memukau untuk dinikmati.

Puncak Kosakora memang belakangan menjadi bahan perbincangan setelah berbagai foto dimedia sosial yang menggambarkan keindahan alam di puncak tersebut. Tak heran jika tempat yang dulu sepi, kini menjadi semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan. Dari puncak, wisatawan akan disuguhkan birunya lautan lepas serta pemandangan pantai-pantai di Laut Selatan. Secara administratif Puncak Kosakora terletak pada Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Untuk menuju lokasi, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Jogja atau kurang lebih 2 jam perjalanan. Lokasinya juga dapat ditempuh dari Pantai Drini dan Pantai Ngrumput.

Untuk mencapai puncak, wisatawan harus melakukan perjalanan yang cukup melelahkan. Jika memilih jalur dari Pantai Drini, wisatawan harus berjalan dipinggiran pantai melewati bebatuan karang yang cukup licin dan menantang. Wisatawan juga dapat menggunakan jalur melewati perbukitan, melalui jalur ini wisatawan harus melewati jalan setapak yang dikelilingi ladang-ladang warga serta rerumputan hijau.

Selama perjalanan wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hijau disekililing yang nampak asri. Ditemani dengan sejuknya udara, akan membuat perjalanan terasa mengasyikkan. Perjalanan melelahkan tersebut akan segera terbayar ketika tiba di puncak yang dituju. Rasa lelah serasa sirna ketika melihat hamparan lautan luas, serta hembusan angin yang menerpa.

Pemandangan alam yang ditawarkan di puncak bukit berketinggian 50 meter dari permukaan laut ini memang sayang untuk dilewatkan. Entah darimana asal muasal dari penamaan Kosakora untuk puncak bukit ini, namun ketika wisatawan tiba dilokasi akan ditemui sebuah tiang dengan bendera kebangsaan Indonesia yaitu merah putih dengan tulisan Puncak Kosakora di pada tiangnya.

Terdapat sebuah kepercayaan yang secara turun temurun masih dijaga oleh warga setempat. Kawasan tersebut juga sering disebut dengan Lemah Sangar. Mitos tersebut adalah adanya sebuah larangan untuk mendirikan bangunan dikawasan bukit ini. Sehingga hingga kini, tidak ditemui satupun bangunan yang ada disekitar lokasi wisata, hanya dipenuhi rerumputan serta pandan laut.

Awal mula kepopuleran Puncak Kosakora bermula ketika seorang traveller yang tak sengaja singgah di kawasan tersebut. Keindahan pemandangan alam yang dimiliki tempat wisata ini diabadikan dan di unggah pada media sosial pribadinya. Bermula dari hal tersebut, akhirnya banyak orang yang berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata ini karena penasaran akan panorama alam yang dimilikinya.

www.tempat.co.id