Gunungkidul, Salah satu kabupaten di Yogyakarta ini banyak menyuguhkan wisata alam yang aduhai indahnya. Beberapa diantaranya ada yang unik. Seperti wisata alam Pantai Jogan, dengan air terjun dan pantai dalam satu tempat misalnya. Nggak salah lagi, bagian selatan dari Yogyakarta ini banyak menyuguhkan panorama pantai yang memukau. Berbatasan langsung dengan Laut Selatan menjadikan banyak pantai di Gunungkidul mempunyai ombak yang besar, namun dibalut dengan keindahan yang masih alami tanpa polesan manusia.

Salah satunya adalah Pantai Jogan, sebuah pantai dengan air terjunnya yang memukau. Keberadaan pantai ini bak harta karun tersembunyi di Kabupaten Gunungkidul. Air Terjun Pantai Jogan sendiri memiliki ketinggian sekitar 10 meter, menawarkan keindahan dan kesegaran bagi siapa saja yang ingin menikmati salah satu wisata di Gunungkidul ini. Keberadaan air yang mengalir dan langsung mengarah menuju ke pantai ini membuat suasana disana menjadi semakin eksotis dan unik. Bisa dibilang unik karena biasanya air terjun itu kebanyakan ditemukan di daerah pegunungan atau dataran tinggi.

Namun berbeda dengan Air Terjun Pantai Jogan. Letaknya tak jauh dari pantai, dan berada satu tempat dengan pantai Jogan. Tentunya air terjun ini masih berupa air tawar yang segar. Keberadaan air terjun ini juga yang membuat Pantai Jogan berbeda dengan pantai di Yogyakarta yang lainnya. Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan pantainya saja, tetapi juga air terjun yang menambah keindahan Pantai Jogan. Lokasi Air Terjun Pantai Jogan ini berada di desa Purwodadi kecamatan Tepus, Wonosari Gunungkidul. Letaknya nggak jauh dari kota, atau memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Kota Wonosari. Sementara itu memerlukan waktu tempuh 2-2.5 jam jika kalian berkunjung ke Pantai Jogan dari pusat kota Yogyakarta.

Di pantai ini, ombak besar yang datang dari laut akan langsung terpecahkan oleh tebing dan karang yang ada disekitarnya. Suara ombak tadi pun terdengar bak dentuman keras yang memecah memecah sepi. Suara ini bak orkestra alam yang ikut menghibur para pengunjung Pantai Jogan. Tak jauh berbeda Air Terjun Pantai Jogan, juga ikut menghibur para penikmatnya. Mata air terjun ini bersumber dari sungai di bukit karst yang ada di Gunungkidul. Pun pengunjung bisa bermain-main dibawah guyuran air terjun, namun tidak direkomendasikan. Kalau bisa, lebih baik menikmati keindahan air terjun dari jauh saja.

https://liburmulu.com