Bicara tentang wisata di Yogyakarta seperti tidak pernah ada habisnya, kota yang penuh sejarah ini menyimpan banyak sekali wisata-wisata alam yang mengandung nilai sejarah yang salah satunya adalah Obyek Wisata Alam Goa Selarong. Goa yang terletak diwilayah Kembang Putihan, Guwosari, Pajangan Bantul Yogyakarta ini berada di perbukitan kapur setinggi kurang lebih 35 meter dengan dipenuhi pepohonan yang lebat. Letak goa Selarong ini sangat curam dengan kemiringan sekitar 45 derajat, untuk mencapai lokasinya, anda harus meniti anak tangga sejauh kurang lebih 400 meter.

Pada perang Jawa yang terjadi pada tahun 1825 sampai 1830 selalu identik dengan sosok pejuang berkuda dengan sorban putih dan senjata keris. Siapa yang tidak kenal dengan Pangeran Diponegoro? Sejarah perjuangan beliau tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan tempat keramat yang satu ini, yaitu Goa Selarong. Pada masa tersebut, Goa Selarong menjadi salah satu tempat penting bagi beliau, tempat ini tidak hanya digunakan sebagai persembunyian melainkan untuk mengatur strategi perang dengan pihak Kolonial.

Bentuk Goa Selarong seperti sebuah cekungan yang lebarnya hanya sekitar 3 m dengan tinggi sekitar 2 m, dalamnya sekitar 3 m. Goa Selarong memiliki dua Goa yang berdampingan, yaitu Goa Lanang (Goa yang digunakan P Diponegoro untuk menyusun strategi dan sembunyi Pangeran Diponegoro ) dan Goa Wadon (perempuan bekas tampat tinggal RA Ratnaningsih, istri Sang Pangeran). Kata Selarong berasal “ Selo” yang berarti batu dan “ rong” artinya lobang.

Patung Diponegoro ini diletakkan di gapura sebagai pahlawan Goa Selarong Bantul Yogyakarta. Patung tersebut berjubah hitam dengan posisi Pangeran Diponegoro sedang menunggang kuda. Patung itu sebagai simbol perjuangan dan keberanian Pangeran Diponegoro melawan tentara Belanda. Bukan hanya di gapura, ada juga patung Pangeran Diponegoro menggunakan jubah putih yang terletak beberapa meter dari tempat parkir. Karena Sejarah Goa Selarong Jogja tidak bisa dilepaskan dari Pangeran Diponegoro, maka wajar jika terdapat banyak patung beliau di sekitar goa ini.

http://wisataindonesia77.blogspot.co.id