Salah satu tempat wisata Air Terjun di daerah Gunungkidul Yogyakarta adalah Air Terjun Sri Gethuk, yang terletak di Daerah Playen Dingo, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Memang cukup jarang di Gunungkidul Jogja ini tempat seperti Air terjun Sri Gethuk, karena Gunungkidul di kenal dengan daerah yang gersang dan tandus akibat gugusan bukit kapur.

Air Terjun Sri Gethuk ini sering di kaitkan dengan nama tempat wisata di Amerika yaitu Tempat wisata Grand Canyon Arizona. Air Terjun tersebut memiliki kemiripan dengan destinasi wisata di Amerika tersebut karena tempatnya yang benar – benar alami dan juga belum banyak terjamah oleh masyarakat sekitar.

Nama Air Terjun Sri Gethuk sendiri di ambil dari sebuah cerita yang melegenda, menurut masyarakat sekitar nama tersebut bermula dari sejarah yang dulunya tempat air terjun ini dianggap sebagai tempat penyimpanan Kethuk. Kethuk merupakan salah satu alat musik khas Jawa yaitu Gamelan yang di miliki oleh mahluk halus bernama Jin Anggo Meduro, nama Kethuk sendiri sekarang digunakan sebagai nama Air Terjun Sri Gethuk, konon pada waktu – waktu tertentu masyarakat sekitar sering mendengar dari tempat ini suara gamelan yang nyaring.

Uniknya di tempat wisata air terjun ini air yang mengalir dari atas air terjun tidak pernah berkurang, baik selama musim hujan maupun musim kemarau. Sehingga tempat ini dapat di kunjungi kapan saja yang anda mau. Namun untuk menuju lokasi ini dari tempat parkir cukup ekstrim karena terdapat 2 jalur yang dapat anda tempuh dengan menyusuri jalan setapak yang terjal atau menyusuri derasnya sungai Oya dengan menyewa perahu buatan yang terbuat dari drum bekas dan papan. Tentunya di lengkapi dengan besi penyangga, perahu rakit ini merupakan milik pemerintah yang di kelola oleh pengelola tempat Air Terjun Sri Gethuk.

sewamotordijogja.com