Watu Lawang berada di kawasan Desa Wisata Mangunan, yang terletak di perbukitan Dlingo. Perbukitan hijau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Bantul, kabupaten yang berada di sisi selatan Jogja. Selain menawarkan hijau dan sejuknya pemandangan, ternyata ada hal lain yang ditawarkan oleh objek wisata yang tengah hits ini. Mungkin mendengar nama Watu Lawang bukan merupakan hal baru lagi. Pasalnya di Gunung Kidul juga memiliki pantai indah dengan nama serupa, Watulawang. Dalam bahasa Jawa, watu berarti batu dan lawang berarti pintu. Dengan berbagai keindahan yang ditawarkan, Watu Lawang ibarat “pintu” untuk menikmati keindahan alam yang sebenarnya.

Seperti halnya berbagai destinasi wisata lainnya, Watu Lawang juga menawarkan spot foto yang oke punya. Salah satu yang kini tengah menjadi perbincangan media adalah jembatan bambu yang berada di Watu Lawang ini. Pasalnya jembatan bambu ini ibarat jendela untuk menikmati area perbukitan yang berada di samping kawasan wisata Watu Lawang. Tidak seperti lokasi lainnya yang kerap digunakan untuk selfie, foto di puncak Watu Lawang paling oke jika diambil dari arah belakang, dengan posisi wisatawan yang tengah asyik menikmati pemandangan. Dengan pose ini , foto akan terlihat begitu eksklusif. Meski terlihat begitu menawan, namun pastikan Anda untuk selalu memperhatikan faktor keselamatan, baik saat berada di perjalanan ataupun saat akan berfoto di jembatan kayu.

Watu Lawang merupakan bukit yang berbentuk seperti lawang atau pintu. Yang menurut bapak penjaganya disebut watu lawang karena terdapat batu yang terbelah menyerupai pintu/lawang.  Watu lawang sendiri berada di desa wisata Kaki Langit, Mangunan, Dlingo, Bantul. Lokasinya deket dengan kebun buah. Sudah banyak petunjuk arah yang dipasang sehingga memudahkan kita bila akan menuju kesana.

 

http://yogyakarta.panduanwisata.id  https://yayapunyacerita.wordpress.com