Pantai Pok Tunggal merupakan suatu kawasan lokasi pantai yang masih berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini sangat indah sekali, ditambah pasir putih yang memanjang di sekitar pesisir pantai Pok Tunggal ini. Lokasi Pantai Pok Tunggal ini tepatnya berada di sebuah desa yang bernama Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Kota Yogyakarta. Lokasinya berada diantara Pantai Pulang Syawal (lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti) dan Pantai Siung. Jadi jika anda berkunjung ke Lokasi Pantai Pok Tunggal, anda juga bisa menikmati panorama pantai yang indah lainnya di Kota Yogyakarta yaitu Pantai Indriyanti maupun Pantai Siung.

Pantai Pok Tunggal ini memiliki panorama yang indah dengan hamparan pasir putih serta perbukitan karst. Pada sisi timur dan barat pantai ini diapit oleh tebing-tebing karang yang menjulang. Pantai Pok Tunggal sendiri tergolong pantai baru. Pantai ini mulai diakses untuk wisatawan sejak bulan Mei 2012. Oleh karena itu kebersihan pantai ini masih sangat dijaga. Bahkan untuk menjaga kebersihan pantai ini akan dikenakan denda sebesar Rp 10.000 jika Anda membuang sampah sembarangan. Hotel Murah di Jogja Nama Pok Tunggal sendiri diambil karena di lokasi pantai ini terdapat pohon langka dan masih kokoh berdiri yaitu Pohon Duras (Pok Tunggal). Satu lagi yang unik dari pantai ini adalah adanya mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst. Air ini pula yang dijadikan sebagai sumber air bagi penduduk setempat.

Pemandangan pantai akan jauh lebih indah jika dinikmati dari bukit sebelah barat pantai. Selain itu dari balik bukit tebing di sebelah timur, Hotel Murah di Jogja Anda juga akan menjumpai beberapa primata liar yang sedang melompat kesana- kemari. Anda dapat sekedar menikmati pemandangan maupun berenang sepuasnya di batas bibir pantai. Pasir di sini cukup landai, sehingga tempat ini cukup aman untuk berenang.

Menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal tidak akan lengkap bila anda tidak meluangkan waktu sejenak untuk menunggu matahari tenggelam di balik cakrawala. Dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa disana sangat cocok untuk memasang tenda. Hotel Murah di Jogja Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa orang yang membawa ransel besar yang didalamnya adalah tenda untuk bermalam dipinggir pantai. Asyik juga bermalam di tenda sambil menikmati hembusan angin pantai serta deburan ombak setelah menikmati lembayung senja.

Bila tidak membawa tenda, kita bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat. Namun bila memutuskan untuk pulang malam, namun harus ekstra hati-hati. Jalan sempit dan berbatu itu sekali lagi menantang nyali karena belum dilengkapi lampu penerang sama sekali. Hotel Murah di Jogja Jadi tips jika anda berkesempatan untuk berkunjung ke wisata Pantai Pok Tunggal Ini anda bisa bermalam jika anda membawa tenda, maupun menyewa tenda dari masyarakat sekitar Pantai Pok Tunggal Yogyakarta.